Analisis Usability Aplikasi Ngetem Menggunakan Metode System Usability Scale (Studi Kasus PT. Seino Indomobil Logisctic)
Main Article Content
Abstract
Transportasi dan teknologi adalah bagian dari dua elemen yang tidak dapat dipisahkan pada masa ini. Elemen tersebut berjalan seiringin dengan perkembangan zaman. Media sosial erat kaitannya dengan pengguna transportasi untuk sekedar mencari hiburan atau membantu menyelesaikan pekerjaannya. Aplikasi ngetem ialah aplikasi media sosial yang dimana pengguna aplikasi tersebut dikhususkan untuk pengemudi kendaraan saja. Pengemudi kendaraan seringkali menghabiskan waktu di media sosial untuk menunggu orderan atau mencari informasi terkait kondisi aktual pada jalan yang akan dilalui. Saat ini aplikasi ngetem belum banyak digunakan pengemudi yang membuat penelitian ini ingin mencari tahu dengan menganalisa usability pada aplikasi ini. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kenapa aplikasi ngetem masih belum sering digunakan serta metode yang digunakan pada penelitian ini ialah system usability scale dan performance measurement. Hasil analisa dari penelitian ini menunjukan tingkat accepability atau penerimaan responden terhadap aplikasi sudah pada level marginal yang berarti aplikasi sudah dapat diterima namun penerimaan terhadap aplikasi tersebut masih tergolong rendah yang dimana aplikasi tersebut masih memerlukan pengembangan untuk hasil penerimaan yang lebih baik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
B. P. S. Indonesia, “Jumlah kendaraan bermotor menurut jenis,” 2021. .
D. P. R. Adawiyah, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang,” J. Komun., vol. 14, no. 2, pp. 135–148, 2020, doi: 10.21107/ilkom.v14i2.7504.
D. A. Nugraha, Memaksimalkan Pengguna Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintah. Direktorat jendral Informasi dan Komunikasi Publik, 2018.
M. A. Kosim, S. R. Aji, and M. Darwis, “Pengujian Usability Aplikasi Pedulilindungi Dengan Metode System Usability Scale (Sus),” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2022, doi: 10.31326/sistek.v4i2.1326.
G. H. Kusuma and D. Priharsari, “Analisis User Experience Aplikasi SIPON CERIA RSUD Dr Darsono dengan menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire ( UEQ ),” vol. 6, no. 11, pp. 5286–5291, 2022.
I. M. H. Kusumawardhana, N. H. Wardani, A. Reza, and Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7708–7716, 2019.
A. Pratama, A. Faroqi, and E. P. Mandyartha, “Analisis Tingkat Usability Pada Aplikasi Frostid Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 31–38, 2021, doi: 10.21107/edutic.v8i1.12195.
W. Buana and B. N. Sari, “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, p. 91, 2022, doi: 10.25273/doubleclick.v5i2.11669.
Y. Sriyeni, “Analisis Usability Aplikasi Investasi Digital Menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan System Usability Scale,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 13, no. 2, pp. 88–93, 2022, doi: 10.36982/jiig.v13i2.2294.
N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, and T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,” Simkom, vol. 8, no. 2, pp. 208–220, 2023, doi: 10.51717/simkom.v8i2.158.
J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/, 2000.
Z. Miftah and I. P. Sari, “Analisis Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Sus,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, p. 40, 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7076.
O. Jansen, “Usability testing: A how-to guide,” 2023. .
M. W. Putri and N. Mutiah, “Pengukuran Efektivitas Dan Efisiensi Penerapan Open Data System Menggunakan Model Delone And Mclean (Studi Kasus: Open Data System Pemerintah Kota Pontianak),” J. Komput. dan Apl., vol. 09, no. 01, pp. 12–22, 2021.
A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating,” J. usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 114–23, 2009.
J. Sauro, “5 Ways to Interpret a SUS Score,” 2018.