Analisis Pengaruh Usability, Information Quality, Service Interaction Quality terhadap Kepuasan Pengguna SLAWE

Main Article Content

Muhammad Yusril Alfareza
Desi Andreswari
Julia Purnama Sari

Abstract

Dukcapil Kota Bengkulu telah menerapkan Sistem Informasi dalam pengelolaan dan penyimpanan informasi data kependudukan dari masyarakat Kota Bengkulu, salah satu sistem Informasi yang dimiliki dukcapil kota Bengkulu yaitu Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (SLAWE). Terdapat beberapa masalah yang ditemukan seperti Warga selalu lupa menyimpan nomor resi untuk melacak proses permintaan layanan karena nomor resi hanya ditampilkan satu kali setelah registrasi, form upload kartu keluarga/KTP Lama/KTP Rusak/Surat Keterangan Hilang tidak diberikan informasi terkait format foto, masih banyak warga yang tidak mengerti cara mengupload persyaratan yang ada. Maka dari itu, perlu adanya penelitian untuk mengetahui pengaruh usability, information quality, service interaction quality terhadap kepuasan pengguna sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE) pada Dinas Kependudukan dan Catatan sipil kota Bengkulu.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh usability, information quality, service interaction quality terhadap kepuasan pengguna sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE) pada Dinas Kependudukan dan Catatan sipil kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Webqual 4.0.  Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling berjenis Partial Least Square dengan bantuan aplikasi  SmartPLS. Dari 3 hipotesis, terdapat 1 hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh usability terhadap kepuasan pengguna dan 2 hipotesis dinyatakan signifikan dan diterima yaitu information quality dan service interaction quality dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan. Tidak ditemukannya pengaruh usability terhadap kepuasan pengguna  ini disebabkan pengguna menghadapi kendala yang signifikan untuk memahami tata cara penggunaan website, sulitnya dalam menavigasi atau mencari informasi yang dibutuhkan dalam website secara cepat dan kesulitan pengguna dalam menggunakan sistem website, hal ini bisa mencakup masalah seperti lambatnya kinerja website, kebingungan dalam pengisian form yang dibutuhkan. Information Quality berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE) pada Dukcapil Kota Bengkulu. Sehingga bisa disimpulkan semakin relevan, akurat dan up to-date informasi yang diberikan pada sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE) di Dukcapil Kota Bengkulu maka akan semakin puas pengguna dalam menggunakan sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE). Service interation quality berpengaruh kepada kepuasan pengguna sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE) pada Dukcapil Kota Bengkulu. Hal ini menunjukkan semakin baik dan ditingkatkan kualitas layanan, rasa aman saat menggunakan sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE), memberikan layanan yang sesuai yang dijanjikan maka akan semakin baik dan meningkatkan kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfareza, M., Andreswari, D., & Sari, J. (2024). Analisis Pengaruh Usability, Information Quality, Service Interaction Quality terhadap Kepuasan Pengguna SLAWE. Jurnal Eksplora Informatika, 14(1), 71-82. https://doi.org/10.30864/eksplora.v14i1.1098
Section
Articles

References

R. Mawarni, T. K. Sari, and Y. D. Anggiyasari, “Peran Teknologi Informasi bagi Perusahaan Dalam Menghadapi Persaingan,” 2022.

A. Y. Rezkiani, Suprapto, and A. Rachmadi, “Pengukuran Kualitas Website Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4 . 0,” vol. 1, no. 2, pp. 523–532, 2018.

Suranto, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna SAKTI pada KPPN Gorontalo,” J. Compr. Sci., vol. 1, no. 5, pp. 1–23, 2022.

R. R. Z. Adeli, Hubungan Usability , Terhadap Kepuasan Perjalanan Online Analysis of Usability , Information , and Service Interaction Relationship To User. 2018.

F. Rohman and D. Kurniawan, “Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 31–38, 2017.

Syaifullah and O. D. Soemantri, “Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, 2016.

M. Nusrang, M. Fahmuddin, and H. Hardianti, “Penerapan Metode Structural Equation Modelling-Partial Least Squares (Sem-Pls) Dalam Mengevaluasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PDRB Di Indonesia,” Semin. Nas. Dies Natalis 62, vol. 1, pp. 543–548, 2023, doi: 10.59562/semnasdies.v1i1.1088.

I. Ghozali, Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2021.

S. Barnes and R. Vidgen, “An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research,” J. Electron. Commer. Res., vol. 3, no. 3, pp. 114–127, 2002.

A. Subiyakto, A. R. Ahlan, M. Kartiwi, S. J. Putra, and Y. Durachman, “The user satisfaction perspectives of the information system projects,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 215–223, 2016, doi: 10.11591/ijeecs.v4.i1.pp215-223.

E. L. Harmen, R. Semiarty, and R. P. Lita, “Model Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Rumah SakitModel Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit,” J. Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 2, pp. 216–225, 2020, doi: 10.26905/jmdk.v8i2.5094.

J. F. H. Hair, J. J. Risher, M. Sarstedt, and C. M. Ringle, “When to use and how to report the results of PLS-SEM Abstract,” Eur. Bus. Rev., vol. 31, no. 1, pp. 2–24, 2018.

M. Lukaraja, E. R. Pesulessy, Y. A. Lesnussa, and M. Y. Matdoan, “Structural Equation Modeling ( Sem ) Untuk Menganalisis Faktor- ( Persero ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Desa Buano Utara Sructural Equation Modeling ( Sem ) To Analyze The Factors Influncing The Ministry Of Service Pt . Pln ( Persero ) To Customer Sati,” vol. 2, pp. 93–102, 2020.

M. Ernawati, E. H. Hermaliani, and D. N. Sulistyowati, “Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 5, no. 18, pp. 58–67, 2020.

M. Rosmiati and Fawaz Ali, “Analisis Kualitas Layanan Website Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 31–43, 2021, doi: 10.33372/stn.v7i2.763.

W. P. Bintari, I. Udayana, and B. D. Maharani, “Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri),” J. Perspekt., vol. 20, no. 1, pp. 68–75, 2022, doi: 10.31294/jp.v20i1.12286.

A. Z. Hamdani, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs),” Fak. Sains dan Teknol. Univ. Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, p. 152, 2020.

R. A. Kurniawati, A. Kusyanti, and Y. T. Mursityo, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1151–1160, 2018.